Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sayur asam kepala ikan baung khas banjar, Enak Banget

Sayur asam kepala ikan baung khas banjar. Bahan utama dari Sayur asam ini adalah kepala ikan kakap. Kupas asam segar lalu tumbuk kasar Saute bumbu halus dengan sedikit. Sayur asem merupakan sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang begitu lekat di masyarakat Indonesia.

Sayur asam kepala ikan baung khas banjar Resep Sayur Asam Banjar Iwak Haruan. Cara membuat sayur asem khas masakan dayak : Yang pertama, silakan bersihkan ikan dan terong asem potong-potong. Sayur ini mudah ditemukan dirumah makan khas banjar warnanya kuning, harum khas dan rasa asem yang segar Kalo untuk bahan sih bervariasi ada yang menambahkan kepala ikan/tidak Tiap daerah pun beda² bahan tambahan untuk.

Lagi mencari inspirasi resep sayur asam kepala ikan baung khas banjar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asam kepala ikan baung khas banjar yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Bahan utama dari Sayur asam ini adalah kepala ikan kakap. Kupas asam segar lalu tumbuk kasar Saute bumbu halus dengan sedikit. Sayur asem merupakan sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang begitu lekat di masyarakat Indonesia.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asam kepala ikan baung khas banjar, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sayur asam kepala ikan baung khas banjar enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur asam kepala ikan baung khas banjar yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur asam kepala ikan baung khas banjar memakai 17 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sayur asam kepala ikan baung khas banjar:

  1. Ambil 4 buah kepala ikan baung yang sudah dibelah,cuci bersih.
  2. Gunakan 2 buah kacang panjang,potong kira" 4 cm.
  3. Siapkan 1 buah tomat potong jadi 4.
  4. Ambil 2 buah cabe hijau potong serong.
  5. Ambil 2 buah cabe merah potong serong.
  6. Gunakan 6 buah belimbing wuluh potong serong.
  7. Siapkan 1 batang serai memarkan.
  8. Ambil 2 cm laos memarkan.
  9. Ambil sedikit gula.
  10. Sediakan secukupnya garam.
  11. Siapkan sedikit penyedap.
  12. Ambil 500 ml air.
  13. Gunakan bumbu yang dihaluskan :.
  14. Sediakan 5 butir kemiri.
  15. Ambil 5 butir bawang merah.
  16. Gunakan 1 cm kunyit.
  17. Ambil 1/2 bks kecil terasi.

Gangan asam kepala ikan patin, gangan asam adalah sebuah prosesi pemasakan khas Kalimantan dengan menggunakan aneka bumbu dan air agar bahan baku yang dimasak menjadi berkuah. Bisa dibilang, gangan asam sendiri adalah sayur asam khas Kalimantan, terutama daerah Banjar. Saat ingin disantap, ikan patin gangan asam lebih sedap jika ditambah dengan sambal acan. Di rumah makan yang tersebar di Banjar, sayur ini mudah didapati.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur asam kepala ikan baung khas banjar:

  1. Panaskan air sampai mendidih,masukkan bumbu yang dihaluskan,serai,dan laos tunggu sampai mendidih lagi.
  2. Masukkan kepala ikan dan telur ikan baung,cabe,belimbing wuluh,dan tomat aduk rata lalu masukkan gula,garam dan penyedap tunggu sampai mendidih dan kepala ikan sudah mulai matang..
  3. Tambahkan sayur seperti kacang panjang dan kol.tunggu sampai sayur layu dan angkat..
  4. Tambahan supaya sayur lebih enak saat disantap saya tambahkan sambel terasi..
  5. Berikut bahannya: bawang merah, cabe,dan tomat diulek sampai halus beri garam,gula, dan terasi bakar.terakhir tambahkan mangga yang dicincang dan perasan limau kuit..
  6. .

Lontong orari atau lontong sayur khas Banjarmasin disajikan bersama lauk berupa ikan gabus dan telur atau ayam yang dibumbui merah. Sayur asem termasuk sajian sehat yang menyegarkan. Yuk intip kreasi resep sayur asem yang bisa Anda coba di rumah agar tidak membosankan. Selain mudah dibuat, sayur asem juga sangat menyegarkan. Penggunaan asam jawa sebagai salah satu bahan menjadi ciri khas sayur asem.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur asam kepala ikan baung khas banjar yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Resep Sayur asam kepala ikan baung khas banjar, Enak Banget"